Ini Nih 5 Menu Makanan Lebaran Khas Keluarga

Advertisement

Di hari kemenangan hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut orang Indonesia dengan lebaran salah satu ciri khas adalah bersilaturohim dan menyajikan menu makanan lebaran khas sesuai daerahnya, misalnya makanan khas Jawa, sunda, betawi, dan berbagai daerah Indonesia.

Nah bagi anda yang ingin tahu apa sih makanan lebaran khas Jawa bisa anda lihat daftar menu berikut ini yang mungkin cocok untuk anda coba menyajikannya jika sedang mudik di Jawa.

1. Ketupat
makanan khas lebaran ketupat

Menu ketupat dan opor adalah ciri makanan khas hampir di semua daerah, begitu juga di Jawa. Indonesia saat Idhul Fitri identik dengan menandai ketupat yang dalam bahasa jawa disebut "kupat" atau ngaku lepat yang berarti mengaku salah di moment yang indah ini orang saling berjabatan

2. Opor ayam
makanan khas lebaran opor

Nah pelengkap ketupat adalah opor ayam, tak lengkap rasanya jika tak disertai dengan opor. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbuOpor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

3. Sambal goreng kentang ati
menu lebaran sambal goreng

Untuk pelengkap opor dan ketupat, sambal goreng kentang ati juga selalu favorit untuk sajian menu khas lebaran. Supaya lebih nikmat sambal goreng ditambah petai atau daun salam.

4. Rendang Ayam
makankan lebaran rendang ayam
Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang favorit karena rempah-rempah nya yang bercita rasa. Jika pada umumnya rendang dibuat dari daging sapi, namun saat lebaran justru menggunakan ayam karena daging ayam yang lebih lunak. Rendang cocok sebagai lauk nasi dan ditambah sambal goreng kentang.

5. Keredok
makankan lebaran karedok

Ketika hampir semua makanan khas lebaran dipenuhi dengan jenis-jenis makanan berlemak, nah sajian karedok membuat sedikit lebih segar. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, toge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Nah itu dia yang pada umumnya menjadi hidangan sepesial setelah solat Ied dan keluarga berkumpul saling bermaaf-maafan kemudian dilanjutkan santab bareng keluarga. Meskipun ini sederhana makanan lebaran khas ini selalu terasa spesial karena dimakan bersama-sama keluarga yang baru saja mudik atau yang jarang-jarang berkumpul.

Jangan lupa ucapkan "taqoballahu minna waminkum" yang artinya Yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Advertisement

0 Response to " Ini Nih 5 Menu Makanan Lebaran Khas Keluarga "

Posting Komentar