Jenis-Jenis Tanaman Perkebunan dan Tanaman Kebun

Advertisement

Jenis tanaman perkebunan dan tanaman kebun, sepertinya sama saja tetapi mempunyai perbedaan mulai dari jenis tanaman, budidaya, pengelolaan hingga pasca panen

Perkebunan adalah lahan tanah yang dugunakan untuk menanam tanaman (industri) yang biasanya hasil pasca panen masih akan diolah lagi di skala industri. Biasanya lahan nya sangat luas mencapai ratusan hingga ribuan herktar di suatu wilayah tertentu

Kebun adalah lahan tanah luas yang dinaman untuk menanam jenis-jenis tanaman yang hasilnya bisa langsung dimanfaatkan atau dijual. Luas lahannya bervarasi mulai dari skala kecil pekarangan hingga besar lahan luas.

perkebunan kopi

Tanaman Perkebunan

Kelapa Sawit
Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Teh
Teh adalah minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Kelapa
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Kelapa adalah jenis tanaman perkebunan bisa langsung dimanfaatkan buahnya, namun banyak perkebunan besar memanfaatkan Kopra sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco

Kakao / Coklat
Kakao (Theobroma cacao L.) itanam di berbagai kawasan tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat.

Kopi
Kopi merupakan salah satu komiditas perkebunan skala besar di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Indonesia peringkat 3-5 dalam hal produksi kopi dunia. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Karet
Tanaman karet berasal dari bahasa latin yang bernama Hevea brasiliensis. Tanaman ini merupakan sumber utama bahan tanaman karet alam dunia.

Lebih dari setengah karet yang digunakan sekarang ini adalah sintetik, tetapi beberapa juta ton karet alami masih diproduksi setiap tahun, dan masih merupakan bahan penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer

tanaman kebun strawberry

Tanaman Kebun

1. segala tanaman buah: apel, mangga, jambu, apel. strawberry dll

2. Segala tanaman hias / bunga

3. Segala tanaman sayur

Sumber: Materi kuliah Agronomi semester 3, Fakultas Pertanian UGM

Jenis Tanaman Hidroponik

Advertisement

0 Response to " Jenis-Jenis Tanaman Perkebunan dan Tanaman Kebun "

Posting Komentar